Seoul International Cafe Show 2017

0
173

Seoul International Café Show (SICS) diselenggarakan  tanggal 9-12 November 2017 di COEX Expo di distrik Gangnam, Seoul. Pameran akbar ini telah dimulai sejak tahun 2002 dan ini adalah pameran kopi pertama dan terbesar di Korea, bahkan di skala Asia,  untuk industri kopi dan teh. Untuk masuk ke pameran ini pengunjung membayar tiket masuk senilai Rp 300 ribu.

SICS menjadi pameran internasional resmi pertama yang memperoleh sertifikasi dari UFI (The Global Association Of The Exhibition Industry) di bidang industri kopi dan teh. Sertifikasi ini diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi dan kemampuan SICS selama 16 tahun dalam melestarikan jaringan terbesar pecinta kopi dan industri besar terkait termasuk di dalamnya para profesional di bisnis coffee shop. Puncaknya, SICS diakui sebagai “Asia’s No. 1 Café Industrial Expo”.

Dari beberapa coffee event di Korea, SICS adalah yang terbesar dengan jumlah booth hingga 350 buah. Rata rata booth ini menjual kopi, teh, berbagai minuman, roti dan kue, es krim, bahan baku, peralatan dan mesin, cokelat, hidangan pembuka, hidangan pencuci mulut, konsultan kafe dan interior, serta franchise dan start up. Oleh karenanya, pengunjung Cafe Show pun beragam dari kalangan Importer, Manufacturer, Exporter, Distributor, Wholesaler, Independent Reseller, Service Company, Buying Office, Exporter Agent, dan Importer Agent.

Pada pameran kali ini, alat seduh kopi December Coffee Dripper mencuri perhatian banyak coffee enthusiast karena diganjar penghargaan “Best New Product” untuk kategori produk konsumen non-elektrikal. December Coffee Dripper yang didesain oleh coffee luminaries Nicholas Cho dan Youngmin Lee adalah pour over dripper yang bisa diatur aliran airnya. Dripper ini memiliki empat setelan laju aliran air. Berkat pengaturan setelan ini, penikmat kopi juga dapat mengatur bubuk kopi hingga tingkat paling kasar untuk mendapatkan cita rasa kopi paling nikmat.

Selama pameran juga diadakan kompetisi World Barista Championship. Sebuah kejuaraan dunia tahunan Barista paling bergengsi yang diikuti oleh lebih dari 60 peserta dari berbagai negara. Dan pemenangnya tahun ini peserta dari Inggris bernama Dale Harris yang memenangkan hadiah mesin kopi, uang tunai, dan berbagai hadiah lainnya. Indonesia diwakili oleh Yoshua Tanu dari Common Grounds dan finish di peringkat 12.

Menurut beberapa sumber di Cafe Show, ada sebuah nama coffee shop yang saat ini sangat populer di Seoul, yaitu Center Coffee di daerah Gangnam. Coffee shop yang tengah naik daun ini ditengarai milik Sang Ho Park, seorang finalis kejuaraan World Barista Good Spirit dan World Brewers.

 

Selain itu, Cafe Show kali ini juga mempersembahkan kompetisi World Aeropress Championship (WAC) yang diadakan di Cafe Alver di Gangnam, pada tanggal 9 November mulai jam 19:00 waktu Korea. Kompetisi ini termasuk unik karena meskipun mengikuti tata cara dan peraturan internasional namun berlangsung fun karena panitia menyediakan free flow craft beer bagi semua pengunjung dan peserta. Acara ini berhasil mengukuhkan champion perempuan dari Inggris bernama Paulina Miczka. Pemenang mendapat hadiah utama coffee trip ke perkebunan kopi di Guatemala.

Sumber : Izman Ramdhan