Sapaan ramah di Ombé Kofie

0
941

Di persimpangan jalan Pluit Sakti dengan Pluit Kencana terletaklah sebuah kedai kopi mungil namun menjadi perbincangan seantero kota Jakarta. Hampir semua coffee shop hoppers di ibu kota akan mencantumkan Ombé Kofie ini di daftar Coffee Shop yang perlu dikunjungi atau di post di akun instagram mereka.

Ombé Kofie ini memang menarik, didesain seperti ruang tamu yang nyaman. Tidak sekedar homey, ruang tamu kecil ini juga membuat para pengunjung jadi berinteraksi satu sama lain.Saat memasuki ‘ruang tamu’ yang kecil ini kita akan disambut oleh sapaan ramah barista dan kadang-kadang tamu-tamu yang lain akan ikut menyapa, tidak heran kalau kemudian kita jadi bisa punya teman baru di sini. Diantara sapaan-sapaan tadi biasanya juga terdengar suara khas milik om Jason sang pemilik coffee shop ini.

Raut mukanya ramah dan suaranya lantang, membuat Jason Leo atau biasa dipanggil om Jason menjadi ikon dari coffee shop mungil ini.

Hidup adalah belajar

Ombé Kofie ini awalnya didirikan untuk mengisi waktu setelah memasuki masa pensiun. Bisnis kopi dipilih oleh pria kelahiran tahun 1962 ini karena saat itu bisnis coffee shop sedang naik daun dan om Jason melihat peluang menarik di bisnis kopi.

Saat ditanya pendapatnya tentang hal apa yang membuat kopi menjadi menarik, ia menjawab:

“Kopi itu ribetnya luar biasa, proses ekstraksi yang berbeda bisa menghasilkan hasil yang berbeda juga”

Maka untuk lebih mengenal seluk beluk ribetnya dunia kopi, ia pun mempersiapkan skill yang dibutuhkan dengan belajar di Traffique Coffee yang berada di jalan Hang Tuah. Setelah dua hari mempelajari teori dan praktek, ia menambah wawasan menggunakan mesin pencari google dan berlatih sendiri di rumah. Kemudian ia berkeliling ke berbagai coffee shop di sekitaran Jakarta untuk mempertajam ilmunya.

Setelah cukup percaya diri, maka dibukalah Ombé Kofie di bulan Maret 2015.

Ombé Kofie ini juga dikenal karena pilihan biji-biji kopinya yang beragam dan berasal dari berbagai daerah. Disini kita bisa menemukan hasil sangrai dari banyak tempat di penjuru dunia. Ada yang dibeli sendiri oleh om Jason atau dibawakan oleh teman dan kerabat yang kebetulan baru dari luar negeri.

Setelah mencoba berbagai biji kopi dari berbagai daerah di dunia, ia menyebutkan biji kopi dari Ethiopia dan Kenya sebagai biji kopi yang paling berkesan.

“Rasanya sangat fruity dan enak, seperti Nano-Nano kalau menurut saya”.

Saat ini Ombé Kofie telah membuka dua cabang baru di dua mal milik Summarecon, satu di Mal Kelapa Gading dan satunya lagi di Summarecon Mall Bekasi. Kesuksesan ini bias jadi karena motto hidup Om Jason untuk selalu belajar, never give up and u always can do it, there is nothing impossible.

Hidup adalah belajar dan tidak ada yang tidak mungkin, juga dibuktikan oleh om Jason lewat hobinya outdoor adventure, extreme sports, all cycling and endurance sport.

Luar biasa memang om Jason ini.

Ombé Kofie

Jl, Pluit Sakti Raya no. 117. Senin– Sabtu 08.00 – 16.45, Minggu 10.00 – 16.45

Mal Kelapa Gading, lantai dasar.

Summarecon Mall Bekasi

Instagram @ombekofie