Perguruan Kopi Tempat Barista Muda Mempertajam Ilmu

0
306

Tempat-tempat ngopi terbaik memang seringkali ‘nyempil’ dan tidak mudah ditemukan. Mereka bergantung dari informasi mulut kemulut dan pembicaraan di jejaring sosial. Keberadaan yang tidak mudah ditemukan ini kadangkala justru menjadi nilai lebih, terutama kalau kedai kopinya memiliki konsep menarik.

Seperti misalnya Perguruan Kopi ini.

Lokasinya tersembunyi di lantai dua gedung Menara Kibar, jalan Raden Saleh Raya No.46A. Perguruan Kopi ini terletak di antara ruangan kerja komunal dan ruangan multi fungsi. Disini ada banyak sekali detail-detail menarik, seperti display karya dari para anggota Kreavi di salah satu sudut, gelas-gelas kertas yang digambari oleh berbagai seniman.

Mempertajam ilmu di Perguruan Kopi.

Di tengah ruangan terdapat open bar dimana kita bisa melihat berbagai peralatan dan perlengkapan untuk menyeduh kopi tersusun dengan rapih dan bersih. Di balik bar tersebut biasanya ada seorang barista muda yang sedang mempertajam ilmunya. Barista-barista muda ini adalah lulusan dari ABCD School of Coffee.

Perguruan ini memang diinisiasi oleh ABCD School of Coffee sejak tanggal 12 Juli 2017 dan dikonsepkan sebagai tempat lulusannya jika ingin magang juga jika ada pengunjung yang ingin belajar berbagai tehnik menyeduh kopi dari para calon ‘pendekar kopi’ yang sedang bertugas.

Salah satu yang siap sedia untuk membagikan ilmunya adalah Reiner, seorang barista lulusan ABCD School of Coffee “Di perguruan ini para lulusan ABCD School of Coffee mempertajam ilmunya. Para lulusan bisa magang sambil berlatih menghadapi konsumen dan mengelola sebuah coffee shop”

Reiner sendiri sudah berlatih di sini selama 6 bulan. Pada awalnya ia tertarik belajar di ABCD School of Coffee karena ingin mengenal profesi barista yang sedang tren, namun kemudian jadi keterusan.

“ Gue tertarik untuk terus belajar mengenai specialty coffee ini, Dulu gue minumnya kopi sasetan yang diincer adalah rasa pahitnya supaya ga ngantuk. Kalau sekarang minum kopi itu untuk dinikmati. Karena ada berbagai aroma, ada macam-macam after taste dan lain-lain” hal itulah yang membuatnya memutuskan untuk melanjutkan berlatih di Perguruan Kopi ini.

Kemudian Reiner bercerita kalau di Perguruan Kopi ini sangat menarik karena banyak detail-detail yang menarik. Misalnya ada sudut yang terpajang karya-karya ilustrasi anggota Kreavi yang terpilih, lalu ada gambar-gambar siluet berbagai pose jurus kungfu di meja bar kopi.

Selain itu, kalau kamu memasukkan uang ke tip jar yang disediakan, kamu bisa meminta barista yang bertugas untuk meluangkan waktu untuk mendengarkan curhatanmu sejenak. Hal yang menarik tentu saja ya, karena selain sambil bekerja, kita juga bisa curhat sambil menyeruput secangkir cappuccino, salah satu menu favorit disini.