Tips Seduh Kopi Menggunakan French Press

0
172

Semua pasti sudah tahu dan pernah menggunakan alat seduh bernama french press, juga dikenal dengan coffee press atau coffee plunger. Alat ini memang sudah sangat dikenal karena sudah digunakan sejak lama oleh para penikmat kopi. Kalau kamu mau tahu sejarah menarik tentang french press, kita sudah pernah bahas pada artikel lainnya.

Pada artikel ini kami akan berbagi tips menyeduh yang benar menggunakan coffee press. Meskipun menyeduh dengan alat ini sangat mudah, tapi masih banyak yang secara tidak sadar sering melakukan kesalahan.

    1. Gunakan grind size coarse

    Grind size yang tepat untuk alat seduh ini adalah yang kasar (coaser) seperti gula pasir. Ukuran kasar ini akan memaksimal proses penyeduhan, dan menghindari terlalu banyak bubuk halus pada hasil seduhan kopi jika menggunakan bubuk yang terlalu halus.

    Credit : kaffeologie.com
    1. Rasio seduh dan suhu air

    Gunakan rasio seduh (brew ratio) 1:15 sebagai titik awal, misalnya 20gr kopi dengan 300gr air untuk menyeduh. Kamu bisa rubah rasio ini agar sesuai dengan selera. Suhu air untuk menyeduh kopi adalah sekitar 90-95 derajat celcius. Jika tidak ada termometer, maka biarkan air mendidih pada suhu ruangan selama 1-2 menit.

     

    1. Waktu seduh

    Waktu seduh yang disarankan untuk alat ini dengan grind size sesuai tips pertama adalah 4-5 menit. Disarankan untuk memulai dengan 4 menit dan nantinya bisa disesuaikan dengan selera kamu untuk seduhan-seduhan berikutnya

     

    1. Jangan biarkan hasil seduhan lebih lama dalam coffee press

    Hal yang paling sering terlihat saat menikmati kopi dengan coffee press adalah hasil seduhan kopi dituang sedikit demi sedikit ke dalam cangkir sesuai keinginan, sehingga hasil seduhan kopi masih terus berada dalam coffee press hingga lebih dari waktu penyeduhan yang disarankan. Hal seperti inilah yang tidak disarankan karena menyebabkan overextracted pada kopi sehingga menghasilkan rasa pahit berlebih. Sangat disarankan setelah waktu seduh 4-5 menit, hasil seduhan kopi segera dipindah ke cangkir atau tempat lain.

Selamat mencoba guys!