Komunitas #ngopidikantor

0
131

Debut #ngopidikantor bermula di kantor PT Tempo Inti Media, tempat para pendiri komunitas ini bekerja sehari-hari, pada 18 Mei 2015.

#ngopidikantor punya agenda untuk mengedukasi  dan mengenalkan ragam Specialty Coffee Nusantara. Indonesia adalah lumbung kopi berkualitas yang disegani oleh banyak negara, tapi peminum kopi lokal masih rendah apresiasinya terhadap kekayaan rasa kopi single origin dari negeri sendiri dan kopi Indonesia tidak kalah enak dengan kopi dari negara lain. Intinya, #ngopidikantor ingin menjadi duta kopi  Indonesia.

Kegiatan komunitas ini adalah menerima undangan menyeduh kopi dari kantor ke kantor dan hanya melayani undangan setiap hari Selasa jam 12:00 – 16:00. Pihak pengundang perlu mengirimkan undangan ke Kak Neza via email ngopidikantor@gmail.com

Kegiatan menyeduh dari kantor ke kantor ini seratus persen gratis, tetapi pengundang wajib menyediakan transportasi jemput antar crew dan peralatan seduh. Juga perlu menyediakan meja panjang, air mineral galon, listrik, print out poster dan leaflet, dan menyediakan tenaga helper.

#ngopidikantor juga menyediakan ‘appreciation bucket’ yang sifatnya sumbangan suka rela dan tidak wajib. Apresiasi yang terkumpul biasanya digunakan untuk membeli Specialty Coffee untuk keperluan menyeduh berikutnya dan membeli peralatan. Beberapa petani kopi dan roaster sering menghibahkan kopi untuk keberlangsungan komunitas ini.

#ngopidikantor sejak awal menyebut diri mereka bukan profesional di bidang kopi. Pengetahuan didapatkan secara otodidak. Tidak ada satu pun kursus atau pendidikan formal perkopian yang pernah diikuti. Tapi mereka mengaku belajar menyeduh dan pengetahuan soal kopi lainnya di UNYU, University of Youtube.

Komunitas ini ingin menjaga semangat idealisme untuk menyebarkan kebiasaan minum Specialty Coffee asli Indonesia.

Saat memenuhi undangan, #ngopidikantor mengemas suasana ngopi yang kasual, penuh dengan obrolan  santai seputar kopi sambil menambah pertemanan. Komunitas ini akan menjelaskan kenapa mereka hanya menyeduh kopi jenis arabika, tentang proses pasca panen bean yang diseduh, dan sebagainya. Segala pertanyaan akan dijawab sebisa mungkin sambil menyeduh.

Sekali menyeduh di kantor biasanya diperlukan crew untuk helper sekitar tiga hingga enam orang, dan bisa menyeduh untuk 50 hingga 200 orang. Beberapa kantor yang pernah mengundang untuk

menyeduh di tempat mereka, antara lain Kedutaan Besar Amerika, Balai Kota DKI Jakarta, dan Komisi  Pemberantasan Korupsi.

#ngopidikantor

Kirimkan undangan ngopi ke Kak Neza di ngopidikantor@gmail.com

Sumber Foto: Instagram @ngopidikantor