The Versatile Coffee Figure

0
139

Bagi pencinta kopi yang sering lewat Jalan Cipete Raya di Jakarta Selatan, Jakarta Coffee House (JCH) adalah coffee figure yang telah lama melakukan roasting dan brewing selama lebih dari 13 tahun. Kehadiran JCH sebagai sebuah entitas dan coffee shop ingin mengirimkan pesan bahwa kopi Indonesia bisa menjadi pemenang atau tuan di rumahnya sendiri. Karenanya JCH menyuguhkan ambience yang komunal di mana setiap pengunjung bisa mengeksplorasi minuman kopi yang disukai dan sesuai dengan cita rasa masing masing, tanpa terlalu banyak campur tangan info dari barista. Let the coffee speaks for itself.

Borie, coffee chief di JCH, menampik konsep minuman andalan karena barista selalu akan mengembalikan ke keinginan dan selera pengunjung. Tidak ada kopi yang ideal, yang ada hanya kopi nikmat bagi setiap pengunjung.. One coffee, one satisfaction. Meski demikian, dia menyebutkan ada dua kopi yang paling sering dipesan, yaitu Java Pengalengan dan Si Petung. Kedua kopi ini lahir dari kolaborasi intens antara JCH dengan sekelompok petani yang dipercayakan untuk menggarap kebun kopi di lahan pribadi milik JCH. Penggarapan di lahan pribadi ini ditempuh karena JCH ingin memiliki kendali sepenuhnya terhadap seluruh proses tanam hingga panen. Dengan demikian bisa dipastikan kualitas kopi sangat terjaga dan JCH bisa menentukan jenis kopi yang akan dijadikan signature di coffee shopnya.

Java Pengalengan adalah biji kopi berkualitas tinggi dan masih jarang ditemukan di Indonesia. Para petani penggarap kopi Java Pengalengan yang juga dianggap sebagai supplier rekanan oleh JCH, termasuk tipe yang perfeksionis. Tak heran jika hasilnya adalah biji kopi yang menjadi kegemaran di banyak negara karena kualitas premiumnya.

Khusus untuk kopi Si Petung, nama ini menyimpan sejarahnya sendiri hingga menjadi signature drink di JCH. Si Petung bukanlah nama atau varian kopi seperti dugaan banyak pengunjung tapi sebuah bentuk penghargaan yang diberikan JCH kepada salah seorang petani senior yang banyak berjasa dan memiliki dedikasi tinggi, dan kebetulan sang petani ini kerap disapa dengan panggilan akrab ‘Entung’ maka jadilah nama kopi Si Petung.

Specialty Coffee bagi JCH adalah proses pencarian dan  pencapaian tak terbatas. Dunia Specialty Coffee saat ini sedang bergulir kencang, menjadi trend dan pilihan bagi mereka yang ingin membuka coffee shop. Namun JCH mengimbau agar pemilik kedai kopi tidak melupakan esensi coffee shop itu sendiri sebagai perpanjangan tangan dari produk kopi dan bukan hanya trend sesaat. JCH mengamati banyak kedai kopi yang lebih menitik beratkan pada lokasi, desain interior, dan investasi besar besaran pada alat perkopian. Ke tiga hal tadi penting tapi yang utama adalah seberapa banyak kedai kopi bisa ikut berperan dalam menaikkan kualitas Specialty Coffee di Indonesia.

JCH percaya bahwa industri Specialty Coffee akan semakin kuat dan mandiri dari hulu hingga hilir. Taraf hidup petani kopi meningkat, penikmat kopi makin terpicu untuk mengeksplorasi kopi kopi Nusantara, dan akan lahir lebih banyak lagi coffee signature.

Jakarta Coffee House

Jln. Cipete Raya No.2

Jakarta Selatan 12410

Tel. 021-7590-0570

Jam buka 10:00-22:00

Sumber Foto: Instagram @jakartacoffeehouse