The Trivia Of Coffee Utensils

0
177

Secangkir kopi nikmat perlu proses penyeduhan yang teliti dan hati-hati. Ada persiapan penyeduhan yang melibatkan bubuk kopi, alat seduh, dan basic coffee knowledge yang menentukan keberhasilan minuman kopi yang hangat dan membangkitkan semangat.

Proses penyeduhan kopi tak lepas dari penemuan jenius seorang wanita Jerman yang menciptakan paper filter pertama. Adalah Mellita Bentz, seorang ibu rumah tangga asal Dresden yang dianggap pertama kali menciptakan penyaring kopi. Pada tahun 1908 Melitta Bentz menciptakan sebuah penyaring yang kemudian dia patenkan dengan nama ‘Filter Top Device’ yang lalu dikenal luas hingga saat ini sebagai ‘Paper Filter’. Melitta Bentz kelak juga mendirikan perusahaannya dengan nama yang sama. Paper filter adalah alat yang tak terpisahkan dalam metode seduh kopi di industri specialty coffee saat ini.

Perjalanan perempuan Jerman dengan penyaring kopinya belum selesai di sini. Pada tahun 1930 Melitta Bentz merevisi paper filter yang lama dengan bentuk yang meruncing seperti kerucut. Inovasi ini menciptakan area filtrasi yang lebih besar dan memungkinkan untuk meningkatkan ekstraksi dari bubuk kopi.

‘Coffee Shop At Home’

Dunia kopi adalah dunia yang dinamis, perkembangannya tak pernah berhenti dari ratusan tahun lalu hingga saat ini. Cara menyeduh kopi lengkap dengan alat-alat kopi selalu beriringan dengan kebutuhan dan ekspektasi peminum kopi. Alat-alat kopi setiap saat mengalami penyempurnaan karena coffee enthusiast ingin bisa menikmati kesenangan mengopi di rumah dan di mana saja. Trend dan desain datang silih berganti untuk terus menjawab kebutuhan penggunanya.

Berikut adalah beberapa alat kopi yang menjadi favorit untuk minum kopi di rumah. Lengkapi kegemaran Anda menikmati Specialty Coffee di rumah dengan memiliki salah satu alat ini. Atau mungkin Anda ingin berinvestasi punya beberapa alat ? Kenali beberapa alat di bawah ini sebelum memilih untuk membeli.

French Press

Alat ini sangat cocok untuk Anda yang mulai tertarik belajar manual brewing karena metodenya cukup sederhana. Pre heat sekitar 2 menit lalu masukkan biji kopi dengan level paling kasar, tuang air panas dan aduk perlahan. Pasang kepala French Press, biarkan kopi diseduh selama 4 menit sebelum menekan filternya ke bawah. Untuk mengetahui metode manual brewing dengan French Press, lihat di sini.

V60

Nama besar Hario sebagai perusahaan penghasil alat seduh kopi asal Jepang melambung berkat diluncurkannya alat dengan sudut kemiringan 60 derajat ini. Anda perlu sedikit teknik untuk memaksimalkan alat berbentuk kerucut ini. Bagi penyuka kenikmatan kopi bercita rasa fruity, V60 bisa mewujudkan keinginan Anda.

Kalita Wave

Kalita Wave sekilas mirip dengan V60. Yang membedakan adalah bagian bawahnya rata (flat drip) dengan tiga buah lubang. Untuk dapat karakter dan body terbaik, gunakan biji kopi dengan level kekasaran medium. Cermati proses blooming selama 15 detik lalu lanjutkan menuang perlahan hingga air panas habis. Setelah 2 menit, secangkir kopi pun tersaji.

“Chemex”

Alat ini menyeduh dengan metode infusi sehingga hasil seduhan kopi nya sangat mirip dengan metode coffee drip dalam hal body dan taste. Filter di Chemex lebih tebal 20-30% dibanding metode pour over lain seperti di V60. Kopi yang terseduh pun terasa lebih kaya aromanya. Dibandingkan dengan French Press, kekayaan aroma kopi hasil seduhan Chemex sedikit di bawah French Press. Keunggulan Chemex, Anda dapat menyeduh kopi sekaligus beberapa cangkir, cocok untuk menemani akhir pekan ngopi dengan teman atau keluarga.

Vietnam Drip

Alat ini biasanya dimiliki oleh pecinta kopi Vietnam. Biasanya biji kopi yang digunakan adalah tipe dark roast dengan level kekasaran fine untuk mendapatkan cita rasa kopi yang bold. Kopi Vietnam ini biasanya disajikan dengan tambahan susu kental manis. Anda perlu sedikit sabar menunggu drip kopi yang membutuhkan sekitar 10 menit untuk dinikmati.

Syphon

Brewing vacuum pot ini memiliki desain unik dan harganya cukup mahal. Penggunaannya perlu persiapan merakit beberapa bagian. Sebelum merakit, pelajari dulu instruksinya dengan teliti. Hati-hati saat memasang bagian gelas yang terbuat dari borosilikat tahan panas. Menyeduh dengan Syphon memberikan coffee experience tersendiri, sejak air mendidih dan akhirnya mengalirkan tetes demi tetes konsistensi yang lebih clear. It’s a mini coffee show !

Apa pun alat seduh manual yang Anda pilih, Anda perlu terus mengeksplorasi teknik menyeduh kopi karena alat alat itu hanya medium untuk menghadirkan nikmatnya minum kopi. Anda bisa belajar tentang dasar dasar manual brewing di Berkelas, coffee class yang diselenggarakan oleh Ubrukopi secara berkala. Semakin banyak pengalaman praktek manual brewing, semakin terasah juga skill dan kepekaan cita rasa Anda dalam proses mengejar coffee perfection.

Selamat belanja dan menggunakan alat manual brewing.

“The journey to pursuit a cup of deliciousness has begun.”