Ruang Seduh Cafe Open Bar? Apa itu?

0
314

Di balik toko buku Aksara di Kemang, beroperasilah sebuah kedai kopi dengan mesin giling biji kopi berhiaskan topeng Storm Trooper. Kedai kopi ini bernama Ruang Seduh dan telah menyeduh kopi untuk para pencinta kopi sejak bulan Desember 2015 lalu.

Ruang seduh ini didirikan oleh Hendri Kurniawan dan Venerdi (Ve) Handoyo dengan konsep open bar. Dengan konsep ini, harapan mereka adalah pelanggan yang tertarik dapat belajar menyeduh kopi pesanannya sendiri. Dengan menghilangkan batasan antara pelanggan dengan staff atau barista, maka akan terjadi komunikasi dua arah; dimana barista dapat memahami kebutuhan pelanggan atau keinginan pelanggan, dan sebaliknya pelanggan bisa tahu lebih banyak tentang kopi.

Di Ruang Seduh, biji kopi yang disajikan selalu berganti menggunakan berbagai biji kopi dari penjuru dunia. Rotasi ini dilakukan karena Ve ingin penikmat kopi itu berani mencoba semua jenis kopi dari berbagai belahan dunia. Namun demikian, ia merekomendasikan pelanggan untuk menikmati kopi dari berbagai daerah di Indonesia, karena hal ini sangat mendukung petani dan industri specialty coffee Indonesia pada umumnya.

Seperti Ngopi di Ruang Keluarga Seorang Sutradara Film.

Yang juga menarik dari Ruang Seduh di Kemang ini adalah, lokasinya yang tepat bersebelahan dengan ruang putar film Kinesaurus. Sebuah ‘bioskop’ mini yang memutar film-film alternatif dari Indonesia maupun mancanegara. Jika di Kinesaurus sedang tidak ada kegiatan, maka kita bisa menikmati kopi atau menu lainnya di dalam ruangan pemutaran film yang didesain seperti ruang keluarga seorang sutradara film.

Kamu bisa melihat jadwal pemutaran film di papan pengumuman yang berada di lorong penghubung antara toko buku Aksara dan Ruang Seduh.

Menu

Di Ruang Seduh, selain kopi kita juga bisa menikmati minuman cokelat, teh, cold-pressed juice dan makanan ringan. Dengan kisaran harga Rp.35.000,- sampai Rp.60.000,-

Selain di Kemang, Ruang Seduh juga menyeduh kopi di jalan Tirtodipuran, Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 2016. Kisaran harga di Ruang Seduh Yogyakarta Rp.30.000,- sampai Rp.50.000,-. Di sini kamu bisa menemukan topeng Darth Vader bergantung di mesin giling kopinya.

Ruang Seduh

Jl. Kemang Raya no.8b (Belakang Toko Buku Aksara)

Jl. Tirtodipuran No.46, Mantrijeron, Yogyakarta
Instagram: @ruangseduh