Es Kopi Susu, Si Ayu Yang Kemayu

0
1032

Ngopi adalah gaya hidup dan daya hidup yang semakin meluas di kalangan masyakarat, serta tersemat dalam keseharian kaum urban. Minum secangkir kopi nikmat dipercaya membangkitkan semangat untuk beraktivitas sepanjang hari. Biasanya para peminum kopi ini memilih kopi hitam atau kopi susu.

Terkait dengan es kopi susu, sebenarnya ini bukan minuman baru di Indonesia karena sejak lama minuman ini mudah ditemukan dan menjadi menu keseharian di warung warung kopi tradisional. Es kopi susu biasanya merupakan campuran kopi sachet dengan es, atau kopi hitam ditambah susu kental manis dan es yang banyak ditemui di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Saat trend minum Specialty Coffee merebak, es kopi susu sempat terpinggirkan karena penikmat kopi sedang fokus menikmati kopi hitam dan cappucinno tanpa gula, serta latte art yang cantik. Coffee shop international seperti Starbucks dan Coffee Bean & Tea Leaf bahkan mengkategorikan es kopi susu sebagai minuman ‘fancy coffee’.

Belakangan ini minuman es kopi susu kembali meraih posisi kekinian dan sedang super happening di Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia. Menjamurnya kedai kedai kopi lokal yang mengusung kopi Nusantara turut membuat es kopi susu makin kemilau di antara minuman kopi yang lebih mainstream. Konsumen dimanjakan dengan pilihan kopi yang lebih ringan, lebih manis, dan disajikan dingin. Bagi mereka yang masih dalam tahap entry level dalam menikmati kopi, es kopi susu adalah pilihan terbaik untuk mengeksplor dan berkenalan dengan cita rasa kopi. Yang pasti, harga segelas es kopi susu di kedai kopi lokal dibanderol hampir separuh harga di coffee shop internasional.

Animo untuk es kopi susu yang mulai naik daun menyebabkan beberapa kedai kopi harus menyetok tiap bahan campuran kopi susu dalam wadah wadah terpisah.  “Karena saking banyaknya pesanan, kita ngga bisa bikin langsung kalau ada yang pesan. Jadi kita sudah siapkan sebelumnya,” kata seorang pemilik kedai kopi di Cipete.

Sebenarnya racikan es kopi susu pada umumnya terdiri dari campuran es batu, bubuk kopi, susu kental manis, susu segar, dan 1 shot espresso. Namun racikan sesungguhnya tentu menjadi rahasia dapur setiap kedai kopi. Ada kedai yang menggunakan sedikit campuran Robusta agar unsur caffeine kick nya masih terasa. Ada pula yang sengaja me-roasting biji kopi di level medium dark agar aroma dan rasa kopinya lebih menonjol. Ada juga kedai yang sedikit menonjolkan coffee notes dan ada yang lebih mengusung rasa creamy susu.

Apa pun racikan es kopi susu yang menjadi andalan tiap kedai, minuman ini memang gampang bikin orang ketagihan dengan cita rasanya yang creamy, nikmat, dan manis.

Bagi Della, seorang sekretaris yang berkantor di SCBD area, ia menyukai es kopi susu karena suka dengan rasanya. Rasa kopinya tidak terlalu kuat  atau pahit seperti americano dan sweet creamy after taste nya yang bikin perempuan muda ini dalam seminggu bisa beberapa kali pesan es kopi susu lewat ojek online dari kedai kopi favoritnya di bilangan Cipete.

Kris, seorang sales supervisor, menjelaskan bahwa ia bukan peminum kopi tapi khusus untuk es kopi susu ia sangat suka mencicipi terutama di kedai kedai lokal. Kris bahkan memiliki jadwal khusus untuk menyambangi kedai yang terus bermunculan. Ia bertukar informasi dengan beberapa temannya sesama penggemar es kopi susu dan dari update di social media. Yang pasti, Kris suka es kopi susu karena harganya yang terjangkau, sebagian besar es kopi susu yang dicicipinya tak lebih dari Rp 20 ribu per gelas nya.

Dari  berbagai narasumber dan informasi di dunia maya, terdapat beberapa nama kedai kopi yang paling sering disebut. Antara lain :

TUKU

Jln. Cipete Raya No.7, Fatmawati, Jakarta Selatan

Tuku dianggap sebagai salah satu pioner es kopi susu di Jakarta. Banyak yang mengatakan cita rasa es kopi susu di sini sangat khas karena gula aren yang digunakan sebagai pemanis. Presiden Jokowi pernah mampir di sini utk mencicipi es kopi susu Tetangga yang kondang.

SAGALEH

Jl. Sungai Sambas 6 No. 3A

Melawai, Jakarta Selatan

Sagaleh yang artinya ‘segelas’ dalam bahasa Minang ini menawarkan kopi susu lokal yang merakyat dan membumi. Aroma kopinya kuat. Selain es kopi susu dengan tingkat manis reguler, Sagaleh cukup inovatif dengan varian Es Kopi Susu Less Sugar yang cocok untuk mereka yang kurang suka manis atau sedang diet.

SEHIDUP SEKOPI

Ruko Kebayoran Arcade 1, Blok C1 No.5

Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang.

Namanya terdengar unik, seunik nama menu es kopi susunya seperti Es Kopi Gebetan (kopi susu), Es Kopi Kekasih (kopi milo), Es Kopi Mantan (kopi hitam), dan Es Kopi Selingkuhan (Kopi Coklat). Salah satu kedai kopi paling happening di wilayah selatan Jakarta.

KOPI CUAN

Jl. Siaga 2 No. 36 (Samping Indomaret Siaga)

Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Di kedai kopi ini hanya ada tiga varian rasa es kopi susu yaitu, Kopi Cuan Tulen, Kopi Cuan Ngerum dan Kopi Cuan Soklat. Rasa kopinya cenderung lebih manis namun cita rasa kopi tetap terasa. Jika ingin mencoba rasa kopi yang beda dan ‘nendang’, bisa mencoba Kopi Cuan Ngerum.

Kopi adalah wilayah selera pribadi. Es kopi susu diprediksi masih akan berjaya ke depannya. Yang penting penikmat kopi jangan pernah berhenti mengeksplor berbagai kopi Nusantara, apakah disajikan sebagai kopi hitam panas atau es kopi susu.

Es Kopi Susu, kamu memang kemayu.